hanya seorang yang mencoba bersenang-senang di game terkutuk ini

Rabu, 21 Mei 2014

Penghitungan Serangan

Ini adalah cara menghitung serangan dan pertahanan dalam pertempuran di travian. Saya akan jelaskan sesederhana mungkin.

Untuk serangan dan pertahanan, kita mengenal jenis serangan infantry dan Cavalry.




Contoh:

(Hitung dulu data-data yang diperlukan)

Serangan dengan 100 Imperian dan 100 EI
Serangan infantry = 100*70 = 7000
Serangan Cavalry = 100*120 = 12000
Total serangan adalah = 19000

Pasukan pertahanan = 200 praetorian
Def Infantry = 200*65 = 13000
Def Cavalry = 200*35 = 7000

(Kemudian begini perhitungannya….)

Menghitung total pertahanan berdasarkan
KOMPOSISI SERANGAN DARI PIHAK PENYERANG

Dari pasukan serang telah dihitung attack infantry adalah 7000 dan attack kavaleri 12000
Komposisi attack Infantry:kavaleri = 7:12

Maka total pertahanan yang berlaku adalah
(7/19)*def infantry + (12/19)* def cavalry
(7/19)*13000 + (12/19)*7000 = 4789 + 4421
Total def yang dihitung adalah = 9210

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui komposisi pasukan yang bertahan. Terkadang menyerang dengan infantry atau kavaleri saja lebih baik daripada mengirimkan seluruh pasukan yang ada.

Mungkin beberapa dari kalian pernah mengalami kasus seperti ini

10 Equites Imperatoris (EI) vs 100 clubswinger
Korban jiwa = 3 EI

tapi ketika mengirimkan:
10 EI + 10 Imperian vs 100 clubswinger
Korban jiwa = 4 EI dan 4 Imperian

Banyak yang bertanya tanya mengapa dengan mengirimkan pasukan lebih banyak, korban yang jatuh semakin besar. Jawabannya sederhana, pertahanan kavaleri cs adalah 5, sehingga jika diserang full kavaleri total pertahanannya hanya menggunakan pertahanan kavaleri. Namun jika imperian ikut serta, pertahanan infantry cs juga turut berperan sehingga korban jiwa di pihak penyerang lebih banyak

Mana yang lebih efektif itu tergantung pasukan defendnya. Kalau yg defen berat sebelah isinya hanya praetorian atau spearman semua, tentu serangan full infantry/kavaleri akan lebih efektif. Tapi kalau campuran def infantry dan kavalerinya seimbang (contohnya spearman dan praetorian 1:1) lebih baik diserang dengan pasukan sebesar besarnya.

Wall dan bonus pertahanan dihitung setelah poin defen dihitung
Misalnya = 10000 pertahanan
Tembok = palisade lvl 4 = 10%
hero = 10 %
armor lvl 2 = 3%
Total bonus = 23 % = 0.23*10000
=2300

Pertahanan total = 10000 + 2300 = 12300 poin.

Penjelasan di atas hanya berupa perhitungan dasar. Masih ada faktor lain seperti hero, bonus serangan dari penyerang, defen dari kastil dan penggunaan ram dalam menyerang desa yang dilindungi wall.

Perhitungan nilai serangan / bertahan kurang lebih sama untuk serangan normal dan raid. yang berbeda adalah perhitungan korban jiwanya, yang masih belum ditemukan formula bakunya.

kayanya unit paling seimbang buat defen tetap jatuh ke palanx.. (itungnya per crop used)
tapi jalannya itu lumayan ngesot kalo kirim2 ke teman…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar