Ini adalah cara menghitung serangan dan pertahanan dalam pertempuran di travian. Saya akan jelaskan sesederhana mungkin.
Contoh:
(Hitung dulu data-data yang diperlukan)
Serangan dengan 100 Imperian dan 100 EI
Serangan infantry = 100*70 = 7000
Serangan Cavalry = 100*120 = 12000
Total serangan adalah = 19000
Pasukan pertahanan = 200 praetorian
Def Infantry = 200*65 = 13000
Def Cavalry = 200*35 = 7000
(Kemudian begini perhitungannya….)
Menghitung total pertahanan berdasarkan
KOMPOSISI SERANGAN DARI PIHAK PENYERANG
Dari pasukan serang telah dihitung attack infantry adalah 7000 dan attack kavaleri 12000
Komposisi attack Infantry:kavaleri = 7:12
Maka total pertahanan yang berlaku adalah
(7/19)*def infantry + (12/19)* def cavalry
(7/19)*13000 + (12/19)*7000 = 4789 + 4421
Total def yang dihitung adalah = 9210
Oleh karena itu, penting untuk
mengetahui komposisi pasukan yang bertahan. Terkadang menyerang dengan
infantry atau kavaleri saja lebih baik daripada mengirimkan seluruh
pasukan yang ada.
Mungkin beberapa dari kalian pernah mengalami kasus seperti ini
10 Equites Imperatoris (EI) vs 100 clubswinger
Korban jiwa = 3 EI
tapi ketika mengirimkan:
10 EI + 10 Imperian vs 100 clubswinger
Korban jiwa = 4 EI dan 4 Imperian
Banyak yang bertanya tanya
mengapa dengan mengirimkan pasukan lebih banyak, korban yang jatuh
semakin besar. Jawabannya sederhana, pertahanan kavaleri cs adalah 5,
sehingga jika diserang full kavaleri total pertahanannya hanya
menggunakan pertahanan kavaleri. Namun jika imperian ikut serta,
pertahanan infantry cs juga turut berperan sehingga korban jiwa di pihak
penyerang lebih banyak
Mana yang lebih efektif itu
tergantung pasukan defendnya. Kalau yg defen berat sebelah isinya hanya
praetorian atau spearman semua, tentu serangan full infantry/kavaleri
akan lebih efektif. Tapi kalau campuran def infantry dan kavalerinya
seimbang (contohnya spearman dan praetorian 1:1) lebih baik diserang
dengan pasukan sebesar besarnya.
Wall dan bonus pertahanan dihitung setelah poin defen dihitung
Misalnya = 10000 pertahanan
Tembok = palisade lvl 4 = 10%
hero = 10 %
armor lvl 2 = 3%
Total bonus = 23 % = 0.23*10000
=2300
Pertahanan total = 10000 + 2300 = 12300 poin.
Penjelasan di atas hanya berupa
perhitungan dasar. Masih ada faktor lain seperti hero, bonus serangan
dari penyerang, defen dari kastil dan penggunaan ram dalam menyerang
desa yang dilindungi wall.
Perhitungan nilai serangan /
bertahan kurang lebih sama untuk serangan normal dan raid. yang berbeda
adalah perhitungan korban jiwanya, yang masih belum ditemukan formula
bakunya.
kayanya unit paling seimbang buat defen tetap jatuh ke palanx.. (itungnya per crop used)
tapi jalannya itu lumayan ngesot kalo kirim2 ke teman…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar